Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan :
Tema : Lingkungan
Kelas
/ Semester : II (Dua)
/ I (Satu)
Alokasi
Waktu : 20 menit
Hari
/ Tanggal : Rabu, 8 Maret 2012
A. Standar
Kompetensi
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,
pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta sebagai tempat hidup makhluk hidup.
B. Kompetensi
Dasar
1.2 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah, dan tempat lainnya)
C. Indikator
Mengidentifikasi tempat hidup hewan
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui demonstrasi, tanya jawab, ceramah, penugasan,
siswa dapat:
1. menyebutkan 3 contoh hewan dengan benar
2. mengetahui tempat hidup hewan dengan benar
3. menyebutkan
3 contoh hewan yang hidup di darat
dengan benar.
4. menyebutkan
3 contoh hewan yang hidup di air
dengan benar.
5. menyebutkan
3 contoh hewan yang dapat
hidup di dua tempat (darat, air) yang
disebut dengan amfibi dengan tepat
E. Materi
Pembelajaran
Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat
Hidupnya
Berdasarkan
tempat hidupnya, hewan dapat dibedakan menjadi tiga kelompok. Ada hewan yang
hidup di darat, di air, serta di darat dan di air.
1. Hewan
yang hidup di darat
Banyak hewan yang hidup di darat.
Hewan yang hidup di darat disebut hewan darat. Hewan darat ada yang berkaki
empat, berkaki dua, berkaki banyak (lebih dari empat), dan ada pula hewan yang
tidak berkaki.
Hewan darat ada yang hidup disekitar rumah, di
hutan, didalam rumah, dan didalam gua. Contoh hewan darat ialah kucing, anjing,
kelinci, ayam, sapi, kambing, kerbau, dan lain-lain.
Kucing Ayam Sapi Kelinci
Gambar hewan darat
2. Hewan
yang hidup di air
Berbagai jenis hewan hidup di air.
Ada hewan yang hidup di laut, mislanya paus, ikan hiu, dan lumba-lumba.
Ikan hiu Lumba-lumba Paus
Gambar hewan air
Hewan yang hidup di air umumnya
terdiri atas bermacam-macam ikan dan beberapa hewan lainnya.
3. Hewan
yang hidup di darat dan di air
Hewan yang dapat hidup di darat dan
di air disebut amfibi. Contohnya katak, kura-kura, dan buaya. Hewan-hewan itu
kadang-kadang hidup di darat dan kadang-kadang hidup di air. Katak pada umumnya
mencari makan di darat. Pada saat berkembangbiak hewan ini berada di air.
Katak Kura-kura Buaya
Gambar
hewan amfibi
F.
Metode dan Model
Pembelajaran
1. Metode
Pembelajaran
a. Ceramah
b. Demonstrasi
c. Tanya
Jawab
d. Diskusi
Kelompok
e. Pemberian
Tugas
2. Model
Pembelajaran
Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif)
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (5 Menit)
·
Guru memberi salam.
·
Guru mengabsen siswa.
·
Guru mengajak semua
siswa berdoa.
·
Apersepsi
Guru mengingatkan siswa tentang pembelajaran minggu lalu
tentang pertumbuhan hewan dan tanaman melalui tanya jawab.
·
Motivasi
a. Guru
mengajak siswa bernyanyi “Makhluk Tuhan” dengan syair sebagai berikut :
Makhluk Tuhan
Kambing embek . . . embek . . .
Kucing meong . . . meong . . .
Katak teot teblung . . teot teblung . .
Ayamnya petok . . . petok . . .
Bebeknya kwek . . . kwek . . .
Semua mkhluk Tuhan
b. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti (15 Menit)
Eksplorasi
a. Guru bertanya jawab dengan siswa dari lagu yang telah
dinyanyikan siswa bersama
b. Siswa menyebutkan hewan yang ada di lagu “Makhluk Tuhan”
c. Guru bertanya pada siswa dari hewan-hewan itu apakah
tempat hidupnya sama?
d. Siswa menyebutkan tempat hidup dari berbagai hewan itu
e. Guru menjelaskan pada siswa tentang tempat hidup hewan
f. Siswa mendengarkan dan menanggapai penjelasan guru
Elaborasi
a.
Guru menunjukan berbagai
gambar hewan yang telah dibawa
b.
Siswa menyebutkan
nama hewan yang telah dibawa guru beserta tempat hidup hewan tersebut
c. Siswa yang bisa menjawab dan berani maju disuruh menempel
hewan tersebut pada kolom yang telah disediakan oleh guru di papan tulis sesuai
tempat hidupnya
Konfirmasi
a.
Dengan bimbingan
guru, siswa membahas gambar yang sudah ditempel pada kolom yang ada di papan
tulis
b.
Guru memberi
penguatan pada siswa
c.
Siswa yang belum
jelas diberikan kesempatan untuk bertanya
3. Kegiatan
Akhir (10 Menit)
a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan dari
pembelajran yang telah dilakukan tentang penggolongan hewan berdsarkan tempat
hidupnya
b. Guru memberikan evaluasi pada siswa
c. Guru merefleksi hasil evaluasi siswa
d. Guru menutup pelajaran
H. Alat
dan Sumber Pembelajaran
a. Alat
-
Lembar evaluasi.
-
Gambar hewan yang hidup
di darat, air, serta darat dan air.
-
Gambar orang yang
saling tolong menolong.
b. Sumber
Pembelajaran
-
Buku sains untuk SD dan
MI kelas 3, Sarjan, Purwo Sutanto, Handayani. Klaten: sahabat, 2004.
-
BSE Sains Ilmu
Pengetahuan Alam 3: SD/MI kelas III/oleh sularmi, M.D.Wijayanti. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
I.
Penilaian
a. Teknik Tes :
tertulis
b. Bentuk Tes : pilihan ganda
c. Instrumen penilaian
Nama :
Kelas :
No. Absen :
Pilihlah salah
satu jawaban yang paling benar dengan tanda silang ( x ) !
1. Hewan
yang hidup di darat dan di air adalah ….
a. Katak
b. Kucing
c. Kambing
2. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Gambar di
samping merupakan contoh hewan yang hidup di ….
a.
Air
b.
Udara
c.
Darat
3. Hewan
yang hidupnya di gua adalah ….
a. Kera
b. Kelelawar
c. Kerbau
4. Bandeng
dan Udang hidup di air ….
a. Air
tawar
b. Air
laut
c. Air
payau
5. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Gambar
diatas merupakan contoh hewan yang hidup di ….
a. Air laut
b. Darat
c. Air
6. Hewan
yang hidup di dalam tanah….
a. Lele
b. Bandeng
c. Cacing
7. Hewan
yang hidup di air tawar adalah ….
a. Cumi
– cumi
b. Ikan mas
c. Bandeng
8. Ayam
hidup di …
a. Air
b. Darat
c. laut
9. Hewan amfibi adalah hewan
yang hidup di dua alam yaitu............
a. Darat dan laut
b. Air dan darat
c. Tanah dan air
10. Katak saat akan berkembang biak berada di........
a. Air
b. Darat
c. Udara
Kunci jawab
1.
A
2.
C
3.
B
4.
A
5.
A
6.
C
7.
B
8.
B
9.
B
10. A
Pedioman Penilaian
Skor tiap jawaban benar 10, jumlah soal 10
Skor perolehan X
10 = 100
|
makasih gan
BalasHapus